Tuesday, November 19, 2013

Simpan, Load dan Backup Karaoke Database

Setelah melakukan pengeditan terhadap daftar koleksi video karaoke, penyimpanan database dapat dilakukan secara manual, melalu menu "File" dan sub menu "Simpan Database". Penyimpanan database juga dilakukan secara otomatis oleh software langit karaoke pada saat keluar dari program dan setelah melakukan beberapa proses vital lainnya.

Database utama dari program karaoke gratis Silangit PC Karaoke merupakan tabel text murni yang disimpan dengan menggunakan extensi CSV (Comma Separated Value), dengan demikian file database dari software karaoke ini bisa di edit menggunakan program spreadsheet seperti Microsoft Excell atau Open Office. Nama file dari databasenya adalah "LangitKTV.csv" dan berada di folder "Data" ("...\Data\LangitKTV.csv").

Untuk pengeditan secara manual (menggunakan program MS Excel), perlu diperhatikan List separator pada sistem komputer. Jika sebelumnya setingan Regional sudah diganti formatnya ke Indonesia, maka  list separatornya sebaiknya dikembalikan ke "," (koma). Karena format Indonesia list separator menggunakan ";" (titik koma) sehingga pada saat excel membaca file "csv" datanya tidak akan terpisah per kolom melainkan setiap baris berada pada satu kolom. Mengubah settingan list separator bisa dilakukan dengan cara berikut:

Dari Start Menu pilih Control Panel, kemudian pilih "Clock, Language, and Region".  Selanjutnya click "Region and Language". Dibagian pojok kanan bawah, klik tombol bertuliskan "Additional Setting", ganti isi dari text box List separator menjadi "," (koma).

Menyimpan database saat ini dengan nama yang lain dapat digunakan melalui menu "File" dan sub menu "Backup Database". Membackup database perlu dilakukan jika ingin melakukan pergantian hardisk atau hal yang lainnya.

Membuka database yang sudah di backup dilakukan melalui menu "File" dan sub menu "Load Database". Menu tersebut akan membaca daftar database yang telah disimpan sebelumnya dan menggantikan database saat ini.

Menambah direktori ke database <-Sebelumnya | Selanjutna -> Load and Simpan playlist

No comments:

Post a Comment